Rabu, 03 Februari 2010

abstrak skripsi


STRUKTUR JEUNG AJÉN ÉSTÉTIKA NASKAH DRAMA
HARÉWOS GOIB KARYA YOSÉPH ISKANDAR1)

Syarief Hidayat2)

ABSTRAK


Skripsi ini berjudul Struktur jeung Ajén Éstétika Naskah Drama ‘Haréwos Goib’ karya Yoséph Iskandar, merupakan suatu kajian tentang struktur dan estetika terhadap naskah drama Sunda. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji unsur drama, struktur dramatik, dan aspek estetika yang terdapat dalam naskah drama Haréwos Goib.
Permasalahan dirumuskan pada: 1) Bagaimana unsur cerita drama Haréwos Goib? 2) Bagaimana struktur dramatik naskah Haréwos Goib ? 3) Nilai estetika apa yang ada pada naskah drama Haréwos Goib ?
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif sedangkan tehnik yang digunakan ialah telaah pustaka dan analisis teks. Populasi penelitian ini adalah naskah drama Haréwos Goib karya Yoseph Iskandar. Dan sebagai sampel adalah teks naskah drama Haréwos Goib.
Terkait dengan hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa naskah drama yang berjudul Haréwos Goib karya Yoseph Iskandar memiliki tema kekuasaan. Tokoh utama dalam cerita ini adalah Opang atau Kopral, dan beberapa tokoh pelengkap. Di antaranya; Kanjeng Dalem, Ulis, Demang, dan Patinggi.
Unsur drama yang ada yaitu: téma, alur atau plot, pelaku atau penokohan, karakter pelaku, dan latar atau setting. Struktur dramatik yang ada dalam drama yaitu: eksposisi, komplikasi, klimaks, resolusi, dan konklusi. Nilai estetika yang terdapat dalam naskah tersebut adalah fungsi puitik bahasa, inheren dalam struktur karya sastra, konvensi dalam karya individual, mimesis dan kreasi atau kenyataan dan alternatif, situasi pembaca sebagai sumber tegangan, serta penulis dan karyanya dalam penghayatan pembaca. Hasil penelitian menunjukkan banyaknya paribasa Sunda pada naskah drama Haréwos Goib. Paribasa tersebut diungkapkan oleh beberapa tokoh. Ditemukan pula kosa kata bahasa Sunda yang arkais yang sudah jarang dipakai oleh penuturnya sendiri.
Pengarang naskah drama telah berhasil melahirkan sebuah karya untuk kemajuan drama. Naskah drama Haréwos Goib ini merupakan naskah yang ditampilkan pada penutupan Festival Drama Basa Sunda IX, yang disaksikan oleh masyarakat teater se-Jawa Barat.


1) Skripsi ini di bawah bimbingan Dr. Ruhaliah, M. Hum.
dan Drs. Ano Karsana, M. Pd.
2) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Daérah
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Universitas Pendidikan Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar